Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini memenangi Young Investigator Award for International Student di Jepang, pada Maret 2017. Dialah dr. Agian Jeffilano Barinda, warga Watu Gong, Semarang yang tengah mengambil program S3 di Jurusan Kardiovaskular, Kobe University, Jepang. Jeffy, panggilan akrabnya adalah putra Dr. Ir. Delianis Pringgenies MSC, peneliti dan dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.

Peserta kompetisi tersebut adalah mahasiswa asing yang berasal dari Indonesia, Jerman, Bangladesh, Cina yang sedang studi di Jepang dan juga mahasiswa Jepang, berusia di bawah 40 tahun, dan sudah menjadi anggota Japanese Circulation Society.

Kemenangan diraih Jeffy berkat penelitiannya tentang efek pembuluh darah yang menua terhadap resistensi insulin di dalam tubuh. Pria yang hobi baca ini tertarik meneliti hal itu, karena lansia rentan terkena diabetes (penyakit yang terkait resistensi insulin). Fokus penelitiannya itu merupakan yang pertama di dunia.

Ia ingin mengaplikasikan ilmu itu di Indonesia, agar para lansia awet sehat dan berumur panjang. Jeffy mengingatkan bahwa pembuluh darah pada orang muda bisa saja cepat menua akibat pola hidup yang tidak sehat.

Saat ini Jeffy tengah meneliti untuk menemukan obat antipenuaan, yang nantinya berguna untuk menangkal efek pembuluh darah yang menua, sehingga bisa mencegahm diabetes. Ia sudah tiga tahun meneliti itu dan kini masih meneliti detail mekanismenya.

Pada tahun 2014 Jeffy mengundang Rektor, Pembantu Rektor, dan perwakilan Dekan FK Undip ke Kobe University untuk menjalin kerja sama di bidang student exchange dan penelitian. Saat ini sudah ada beberapa mahasiswa S1 FK Undip yang menjalani program tersebut.

Jeffy yang gemar berwisata kuliner dan menikmati beragam budaya ini berharap Undip dapat mengirim dosen-dosennya untuk melanjutkan program master maupun doktoral di Kobe University. Ia juga mengajak adik-adik kelasnya untuk terus menambah wawasan serta pengalaman.