H. Bambang Sadono, SH, MH, adalah mantan politisi Partai Golongan Karya yang saat ini menjadi salah satu Senator di DPD RI periode 2014 – 2019 mewakili Jawa Tengah. Sebelumnya, Bambang adalah anggota DPR RI tiga kali berturut-turut sejak tahun 1994 dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk periode 2009 – 2014.

Lahir di Blora 30 Januari 1957, Bambang adalah alumni Fakultas Hukum Undip Semarang, Lulus Tahun 1983. Lalu melanjutkan Program S-2 Ilmu Hukum UI Jakarta, Lulus Tahun 1991 dan Program Doktor di Fakultas Hukum Undip Semarang.

Bercerita tentang sosok satu ini, akan lebih banyak mengupas sepak terjangnya di dunia tulis menulis. Sejak kuliah, Bambang lebih dikenal sebagai Jurnalis. Minatnya di dunia ini ditandai dengan keikutsertaannya di berbagai kursus, seperti Pendidikan Pers Kampus Undip (Tahun 1980), Workshop On Population And Development Reporting, diselenggarakan PWI Pusat bekerjasama dengan Press Foundation Of Asia (Tahun 1983), Training Jurnalistik PWI – NSK, Jepang (Tahun 1986) dan Kursus Reguler Angkatan XXVIII Lemhannas (Tahun 1995).

Koran kampus “Manunggal” dan harian “Suara Merdeka” adalah awal lahannya berkarya. Di dua media itu, Bambang sempat menjadi Pimpinan Redaksinya. Kepiawaiannya dalam menulis, terbukti dengan seringnya ia memenangkan lomba penulisan, antara lain Juara I Menulis Sejarah BKR Laut Tingkat Nasional dan Juara I Penulisan HUT Golkar Jawa Tengah. Tidak sampai disitu, sayapnya pun berkembang, dia pernah menjadi Pimpinan Redaksi Majalah Beringin, Pemimpin Umum Redaksi Mimbar Demokrasi, Pemimpin Umum Redaksi Koran Semarang, Pemimpin Redaksi Harian Suara Karya dan sampai sekarang sebagai Pemimpin Perusahaan majalah Legislatif dan Wakil Pemimpin Perusahaan Harian Suara Karya.

Selain sebagai jurnalis, Bambang juga berkarir di dunia pendidikan. Dia sempat menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi di Semarang.

Dalam berorganisasi, Bambang yang pernah menjadi Sekjen Ika Undip (1992 – 2001) ini, juga pernah menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Tengah (Tahun 1992 – 1998) juga Ketua Partai Golkar Jawa Tengah (2004 – 2009).

Di kancah kesenian, dia adalah penulis aktif yang melahirkan banyak karya sastra, dan pernah mengemban sebagai Ketua Dewan Kesenian Jawa Tengah.